GERBANG JIWA MANUSIA


Bismillahirrahmanirrahim

Oleh : Handri Putrawan, S.PdI

Menjadi seorang yang berilmu adalah syarat mutlak untuk menjadi manusia yang paripurna, ilmu merupakan gerbang untuk mengenal Allah SWT. Dasar sebuah keilmuan jembatan yang harus dilalui setiap orang jika ingin mendapatkan suatu kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ketika sebuah niat yang baik tanpa dilandasi pengetahuan yang memadai tentang suatu kebaikan, maka alamat niat dan pekerjaan yang diinginkan tidak akan pernah  tercapai, walapun didukung oleh orang-orang yang terkenal sekalipun.

Setiap zaman dan setiap abad sudah ditetapkan oleh Allah SWT, bahwa jejak seorang pahlawan dalam setiap kehidupan manusia telah dipersiapkan oleh Allah SWT. Dengan demikian kita sebagai manusia hanya bisa berharap dan mempersiapkan diri dengan ilmu dan akhlak yang baik guna mencari kriteria pahlawan yang telah ditetapkan Allah SWT, apakah kita ? atau kita sudah disalip oleh orang lain. Namun begitu jangan pernah berhenti berharap terhadap karunia dari Allah SWT, karena Allah SWT mempunyai rahasia tersendiri, yang terpenting adalah banyak-banyaklah mengambil Ibrah dan Hikmah dari setiap kejadian di alam ini.

Wallahu A’lam Bissawwab adalah ucapan yang selalu diucapkan oleh orang-orang yang memiliki disiplin ilmu yang sudah mantap dan luas, karena mereka mengetahui bahwa ilmu manusia adalah sedikit jika dibandingkan dengan Allah SWT, ibarat ilmu Allah SWT seperti air laut, dan ilmu manusia itu adalah setetes daripada air laut tersebut. Dan orang-orang muslim yang paling setia terhadap prinsip keilmuan tersebut, karena orang-orang islam menggunakan ilmunya sesuai dengan ajaran-ajaran Al-Qur’an dan Hadits dan demi kemaslahatan hidup manusia.

Wallahu A’lam Bissawwab……………!

Iklan

About Handri Putrawan

Saya adalah salah seorang staf pengajar di MA NW Pringgasela pada Yayasan Darul Mujahidin Pringgasela.

Posted on 27/02/2012, in Teori Pengajaran. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: